Background

Cara Mengubah Favicon di Blogger.com



Favicon, bagi anda yang masih belum memahami tentang istilah ini, Favicon itu adalah kependekan dari favourite icon yaitu icon kecil yang berada di samping kiri dari alamat blog (URL) anda. Lebih jelasnya lagi kalau anda sedang blogwalking ke blog orang, maka akan menemui logo maupun gambar fotonya dari pemiliknya, dan tentu hal ini lebih menarik.
Favicon selain sebagai asesoris anda dalam ngeblog juga bisa berfungsi sebagi alat untuk melambangkan brand produk tertentu. Di beberapa template yang dimiliki oleh wordpress, joomla, drupal, aura, blogspot juga sudah ada faviconya. Apabila kode  tersebut sudah ada di themes, maka anda tinggal mengganti logo atau gambarnya saja. Tetapi bila belum ada, kita tinggal menambahkan beberapa kode html sederhana.
Baiklah kita langsung saja pada cara membuat Favicon, tahapanya meliputi:
                                                                                                                                             

  1. Anda harus mempersiapkan gambar/logonya dahulu, ingat ekstensinya harus JPG atau GIF.
  2. Selanjutnya anda cari favicon generator untuk membuat faviconnya jadi lebih mudah, misalnya di beberapa alamat ini: [www.favicongenerator.com][www.html-kit.com/favicon][www.favicon.co.uk]
  3. Setelah anda mendapatkan gambar favicon.ico, selanjutnya masukkan pada lokasi folder script (misalnya images) yang nantinya akan anda panggil.
  4. kemudian buka file index atau header yang menjadi halaman utama web anda dengan dreamwaver, frontpage, notepad atau HTML editor lainnya. Nah cari kode ini di bagian paling atas: </head> setelahnya tambahkan kode ini <link rel=”shotcut icon” href=”http://www.namadomainanda.com/images/favicon.ico“/>
  5. Test, apakah usaha anda berhasil? Kalau belum berhasil berarti ada langkah yang salah. Jadi perlu diulangi lagi.
                                                                                                                                
Refrensi :: ^disini

Categories: Share

Leave a Reply